RSS

Budaya Populer Korea: Gumiho

04 Sep



Gumiho [구미호] merupakan rubah dengan sembilan ekor, dongeng yang diciptakan berasal dari mitos China kuno berabad2 lalu. Dongeng ini ada versi China maupun Jepang meskipun terdapat sedikit perbedaan. Huli jing pada dongeng China dan kitsune pada dongeng Jepang mempunyai moral yang ambigu, dimana mereka bisa bersifat baik dan buruk sekaligus dan biasanya tidak keluar untuk mencari orang untuk diburu. Sementara itu, gumiho di Korea, hampir selalu digambarkan dengan figur yang sangat jahat, makhluk karnivora yang memakan daging manusia.

Berdasarkan legenda, rubah yang hidup ribuan tahun berubah menjadi gumiho, yang dapat menyamar menjadi wanita. Gumiho bersifat jahat dan makan hati atau jantung manusia (ada legenda berbeda antara satu dengan lainnya) agar bisa tetap hidup. Huli jing di China dikatakan terbuat dari energi wanita (yin) dan membutuhkan energi pria (yang) agar bisa bertahan hidup. Sementara itu, kitsune di Jepang bisa pria atau wanita, dan dapat memilih untuk berbuat kebaikan.

Gumiho di Korea secara tradisional merupakan wanita. Beberapa dapat menyembunyikan ciri gumiho mereka, sementara mitos lain mengindikasikan bahwa mereka tidak dapat bertransformasi secara penuh (contoh wajah atau telinga yang seperti rubah atau masih terdapat ekor berjumlah sembilan). Dengan kata lain, biasanya ada setidaknya satu ciri fisik yang dapat membuktikan bentuk gumiho mereka, atau cara ajaib untuk memaksa mereka memperlihatkan wujud asli mereka.

Sama seperti manusia serigala ataupun vampir di Barat, ada beragam mitos tergantung dari legenda yang diceritakan. Beberapa cerita mengatakan bahwa jika gumiho tidak membunuh dan memakan manusia selama seribu hari, maka gumiho akan menjadi manusia. Cerita lainnya, seperti drama Gumiho: Tale of the Fox’s Child, mengatakan bahwa gumiho bisa menjadi manusia jika pria yang melihat wujud aslinya merahasiakan hal tersebut selama 10 tahun. Di luar setiap cerita itu, ada hal yang selalu konsisten diceritakan, yaitu bahwa gumiho merupakan rubah, wanita, berubah wujud, dan karnivora.

Sekarang kita bahas tentang arti gumiho dalam budaya. Rubah merupakan gambaran umum di banyak budaya berbeda yang menggambarkan penipu atau pintar tapi jahat yang mencuri atau mengecoh yang lain untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Orang yang tumbuh dengan mendengarkan fabel Aesop mengetahui pengulangan klasik tentang rubah dalam cerita dongeng. Dan tidak sulit untuk melihat bagaimana rubah mendapatkan sifat tersebut. Binatang ini merupakan pemburu nocturnal dan sifat dasarnya yang senang mencuri, dan dikenal di seluruh dunia dengan akal liciknya.

Di Korea, rubah mempunyai penyokong implikasi budaya, yaitu kelicikan seksual. Kata untuk rubah, yeo-woo [여우], merupakan kata yang oleh orang Korea diberikan kepada wanita yang terjemahan kasarnya kita sebut saja si licik pemakan pria. Ada istilah bahasa inggris yang juga kurang lebih sama yaitu “you sly fox” (kamu rubah licik), meskipun di Korea sendiri istilah ini hanya diberikan kepada perempuan yang sifatnya seperti rubah (disebut yeo-woo) dan mempunyai sifat predator “kamu mulai menggunakan akal licik untuk menipuku”, yah kira-kira seperti itulah contohnya. Wanita yang menggunakan pesona femininnya untuk maksud jahat atau wanita yang secara terang-terangan memperlihatkan seksualitasnya dengan motif jahat dibelakangnya, disebut yeo-woo. Menariknya, kata aktris dalam bahasa Korea [여배우] bila disingkat sama penulisannya dengan yeo-woo [여우].

Bukanlah tanpa sebab kalau wujud gumiho hanya merupakan wanita yang cantik. Ini merupakan cara dongeng untuk memperingatkan pria untuk tidak jatuh ke dalam trik wanita yang merayu untuk memperdayainya. Contohnya, lihatlah terjemahan cerita gumiho klasik ini. Dalam banyak cerita, sang pahlawan dalam dongeng (selalu digambarkan seorang pria) harus menahan godaan dan tubuh tanpa busana gumiho, sehingga wujud aslinya bisa diperlihatkan. Jadi, sifat alami wanita, seksualitas tersembunyinya = iblis.

Dongeng Korea?

Konsep seksualitas wanita yang membahayakan sebenarnya bukanlah hal yang baru untuk dongeng. Tetapi, tidaklah berlebihan bahwa baik itu figur gumiho dan penggunaan yeo-woo merupakan hal yang cukup lazim dalam budaya modern maupun cerita fiksi. Sebagian besar orang mungkin berpendapat bahwa mitos gumiho merupakan cerita yang didesain untuk mempertegas sistem patrialis. Tetapi hal ini justru membuat suatu legenda menjadi suatu hal yang cerdik dalam penyampaiannya.

Dalam film ataupun drama, gumiho bisa digambarkan baik itu figur yang menakutkan dan sejahat iblis atau malah figur yang komikal dan menggelikan, tergantung dari genre yang digunakan. Seiring berjalannya waktu, legenda gumiho telah berubah, seperti diceritakan dalam Gumiho: Tale of the Fox’s Child‘s yang menggambarkan gumiho yang menderita dengan jiwa yang baik yang menginginkan menjadi manusia dan menyerap kehidupan pria. Dia adalah iblis yang memilih jalan hidup yang baik supaya bisa mempertahankan sifat manusianya. Interpretasi ini hampir sama dengan mitos vampir yang mempunyai jiwa, yang berperang dengan jiwa iblis yang ada pada dirinya.

Tetapi satu hal yang menarik untuk digarisbawahi dalam drama tersebut adalah bahwa anak tersebut, begitu dia bertambah dewasa, berubah menjadi gumiho dengan segala sifatnya dan berjuang melawan sisi iblis dalam dirinya. Hal ini mungkin bisa disejajarkan dengan seorang gadis yang tumbuh dewasa dan mengalami perkembangan seksual, dan bagaimana mitos ini hanya memperlihatkan sisi jahat dari seksualitas wanita sebagai sesuatu yang tidak dapat dikontrol dan iblis yang bahkan menimpa gadis yang tidak berdosa. Dalam drama ini maupun dongeng yang menceritakan tentang gumiho, sepertinya penggambaran gumiho merendahkan seksualitas wanita sebagai sesuatu yang bersifat iblis dan menunjukkan sifat karnivoranya terhadap pria.

written by: girlfriday @dramabeans
indo trans: sashalicia
 

nb: kalimat terakhir kynya murni pendapat si penulis artikel (girlfriday-red)…jd ntahlah apa memang sprti itu atau ga…kalian bs menyimpulkan sndiri dari artikel ini ;)

TAKE OUT WITH FULL CREDIT!!!! Thanks…

About these ads
 
63 Komentar

Ditulis oleh pada 4 September 2011 in just for fun, korea

 

Tag: , ,

63 responses to “Budaya Populer Korea: Gumiho

  1. Gumi-Gumi

    18 Oktober 2011 at 1:44 pm

    dh serem bgt…GUMIHO..

     
    • fren is gumiho

      14 November 2011 at 8:19 pm

      , seram,seram, tapi cantik juga hehe…!!!

       
      • fren is gumiho

        14 November 2011 at 8:20 pm

        , aq mau nyari gumiho dolo haha!!1

         
      • 여우

        21 Februari 2012 at 1:56 am

        aku kan gumiho mau??

         
  2. SmileForMe (@irma_rosidah)

    19 Oktober 2011 at 1:18 pm

    seremmmm….

     
  3. puput

    19 Oktober 2011 at 2:56 pm

    ihhhhhhhhh serem

     
  4. wahyu

    20 Oktober 2011 at 10:27 pm

    Gak serem ah! Tetep sereman tante kunti

     
    • sashalicia

      24 Oktober 2011 at 7:57 pm

      klu yg itu sih jgn ditanya, serem banget >,<

       
  5. Bambang Febrianto

    23 Oktober 2011 at 7:20 am

    keren men ceritanya

     
  6. Seong a

    24 Oktober 2011 at 4:03 pm

    serem tapi asyik

     
    • kania

      9 November 2011 at 7:14 pm

      ia, serem tpi asyik .. :D

       
  7. Balqis

    26 Oktober 2011 at 3:24 pm

    Gila foto nya serem2,, apalagi foto yg kelima tuh cuma foto film “my girlfriend is gumiho” aja yg gak serem,,, baca ny sndirian lagi:/
    foto yg kelima kyak hntu,,,, kok gumiho ny gak ada yg cntik sih???
    Cuma yg prtama sama terakhir aja tuh yg cntik

     
  8. santi

    28 Oktober 2011 at 9:35 am

    wow, beber2 menarik

     
  9. lutfie chie lulu

    30 Oktober 2011 at 9:50 am

    akh w suka ma film ini ….. jangan bersambung ny

     
  10. elisa ratman

    31 Oktober 2011 at 2:55 pm

    wooooiiiiiiiii,,,,,,,,,,,,,,,,,jadi tau deh

     
  11. Ziah KeyHankyung ElfShawol

    1 November 2011 at 3:13 pm

    cerita.a sooo sweet….romantissss…jdi terharu………………

     
  12. Oky Nawan

    2 November 2011 at 6:58 am

    Pecinta budaya pop korea ya… bravo!

     
    • sashalicia

      22 Desember 2011 at 4:58 pm

      yap, terutama industri hiburannya sih ^^

       
  13. Ferry

    3 November 2011 at 4:14 am

    Pokoknx qu suka bnget.soalnx bagus bnget lo filemnx…

     
  14. kiki

    3 November 2011 at 3:42 pm

    my girlfriend is gumiho…2 jempol.tob…..markotob…………

     
  15. Yasmin Laksmi N

    3 November 2011 at 6:34 pm

    My Girlfriend is a Gumiho.. kuerennnn bangetz deh… Bikin nangis hahahaha Lee Seung Gi (Dae Woong) ganteng banget & so sweet.

     
  16. ika the bets

    3 November 2011 at 7:39 pm

    woowww yg aslinya serem banget yahhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     
  17. Shandy

    3 November 2011 at 10:36 pm

    ……….. KoK sErEm Ya.JdI tAkUt AdA yNG gAnGGu MaLaM jUm,At SiI…….. >-<

     
  18. Ichiro

    5 November 2011 at 5:18 pm

    gumihonya lucu!

     
  19. brigitta pramesthi saraswati

    6 November 2011 at 3:29 pm

    ga serem og tp menakutkan!!!!

     
  20. GIRL

    7 November 2011 at 12:25 pm

    oooh…..zbnrmya itu eah gumiho!! ! !

     
  21. fitriani

    8 November 2011 at 1:10 pm

    hoy-hoy -hoy

    I love gumiho

     
    • fitriani

      8 November 2011 at 1:14 pm

      …….. asik bhisa nonton gumiho lagi

      kalhow bolhe thu gumiho akan kembalhi lagi

       
  22. ocki

    9 November 2011 at 8:40 pm

    emmzzz,,.,.
    .bkin crita lgi dong tentang gumiho yang kedua ..,.,tp,artisnya tetep..:)

     
  23. anggaafrians

    10 November 2011 at 3:46 pm

    gumiho
    kapan bso ketemu y
    hahahahaha

     
  24. Rendy Jansah

    11 November 2011 at 9:58 pm

    huy dah nk naggis aku nonton gumiho ………….

     
  25. Rendy Jansah

    11 November 2011 at 9:59 pm

    kapan tayangan ulangan nya

     
    • Lia

      17 November 2011 at 12:01 am

      beli aja kaset dvd nya…. kan banyak tuh,,,,

       
  26. nafisya zahra

    14 November 2011 at 4:38 pm

    emh,keren banget wlaupun udah nonton dari pertama sampai habis ngak perna bosen

     
    • nanarachma_

      2 April 2014 at 6:42 pm

      Aku juga sama,berkali2 nonton my girlfriend is a gumiho,sama sekali ga. Bosen. Terharu :’)
      Ini di channel LBS K-movie juga lagi diputer yg gumiho,settingan di jaman dulu,gumihonya yg masih anak2 itu.

       
  27. muna

    23 November 2011 at 8:39 pm

    i love you gumihooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo …….

     
  28. Eshii

    29 November 2011 at 8:02 pm

    Hemz…
    Thenks atas info ny,

     
  29. FITRIA

    11 Desember 2011 at 8:07 pm

    I LOVE GUMIHOOOOOOOOOOOOOO,.,.,,,.,.

     
  30. THIA

    12 Desember 2011 at 7:22 pm

    I LOVE GUMIHOOOOOOOOOOOO

     
  31. X-yuneithaa Stewardtt-park'x

    15 Januari 2012 at 11:17 pm

    mantab gielak………….

     
  32. Park Jun Soo

    29 Februari 2012 at 2:21 pm

    Kenapa ya Gumiho adanya di Korea doank?
    Coba Gumiho ada di Indonesia?
    Asalkan Gumihonya kaya’ Shin Min Ah yg cantik :)

     
    • lviia_

      3 Maret 2012 at 2:10 am

      ituu kakakku heheheh

       
  33. lviia_

    3 Maret 2012 at 2:09 am

    kl saya gumiho..
    mau nyari si cakep dae woong xD

     
  34. Handrian

    10 Maret 2012 at 5:37 pm

    saiia orang indo yang tinggal di kore lo..

     
  35. Handrian

    10 Maret 2012 at 6:00 pm

    I Like Kitsune…

     
  36. stevanus

    30 April 2012 at 7:01 am

    uuuu … ga pa pa … aku cuka gumiho … biar licik2 tapi kan cantik wkwkwkwkwk peace :))

     
  37. Dong joo

    17 Mei 2012 at 2:19 pm

    My Girlfriend is Gumiho kereeen banget…
    Cocok banget aktingnya Lee Saung Gi ama Shin Min Ah
    Jadi pengen nyari gumiho yg baik nih
    Ì love U Gumìho

     
  38. Aliqa Aquariusgirls

    3 Juni 2012 at 3:10 pm

    keren bngt film nya !
    klo bsa tayangin ghe , gk bakalan bosen yg nonton

     
  39. Dimas Tri Laksono

    6 Juni 2012 at 10:50 pm

    cucok………! baget heheheheheheheh

     
  40. Devi

    27 Juni 2012 at 1:16 pm

    Aku sih lebih suka kalau gumiho itu jadian dgan orang yg sudah membebas kan nya…

     
  41. stefan

    4 Juli 2012 at 8:51 pm

    asik…
    gak da cerita yg kayak gini

     
  42. Geanida SeoKyu SiFany

    7 Juli 2012 at 4:19 pm

    kok ada yg monyet sih???

     
  43. deve

    24 Juli 2012 at 9:46 am

    mantop pilem na 16 episode (y)

     
  44. Fatimah Dwi Krisna Ayu

    27 Agustus 2012 at 1:32 pm

    keren legenda.a……

     
  45. muthia

    31 Maret 2013 at 3:35 pm

    owwww.,.,.gitu ya .,.,makasih infonya chingu

     
  46. imma

    6 Juni 2013 at 4:05 pm

    masih bagusan full house ama princess hours , kalo yg ini qu blum pernah nonton

     
  47. rensy

    6 Juni 2013 at 4:09 pm

    ijek apik film coboy junior the movie, aku due kasete, iki yo lumayan apik,

     
  48. imma

    6 Juni 2013 at 4:10 pm

    elek

     
  49. King Kong

    16 Agustus 2013 at 11:42 am

    Dak mau aku ktemu Gumiho, maunya ktemu yeo-woo

     
  50. naelee

    3 Februari 2014 at 9:07 am

    gomawo bwat infonya aq gak jdi pnasaran lgi ma ceritany gumiho

     
  51. diki

    23 Februari 2014 at 1:29 pm

    aku ingin menjadi gumiho
    aku besumpah aku ingin menjadi gumiho seperti film gu family book

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: