RSS

Fenomena Kpop…

31 Mei

Pilih salah satu fenomena yang menarik untuk anda kaji. Mengapa anda tertarik untuk mengkaji fenomena tersebut? Berikan solusi-solusi yang dapat memberikan nilai (makna) lebih dari fenomena tersebut

Pertanyaan di atas tuh tugas kuliah gw setaun yg lalu, tepatnya 27 Oktober 2009…bingung nyari sana-sini tentang temanya apa, akhirnya waktu itu gw membahas fenomena yg ga jauh dari kesukaan gw, kpop.

Fenomena yang cukup menarik untuk dikaji adalah fenomena “perang” di dunia maya di Indonesia antara fans dan antifans grup penyanyi asal Korea Selatan. Di Korea Selatan sendiri, fenomena ini sudah berlangsung semenjak grup boyband dan girlband mulai popular di sana. Netizen (warga internet) Korea Selatan sangat peduli dan mempunyai pemikiran yang kritis untuk selalu menanggapi penampilan dari suatu grupband setiap kali grupband tersebut tampil. Sebenarnya, pemikiran yang kritis akan sangat membantu demi perbaikan kemampuan dan penampilan dari grupband tersebut. Tetapi, cara penyampaian yang dilakukan melalui media maya atau internet tersebut seringkali terlalu berlebihan. Fanatisme berlebihan terhadap salah satu grupband seringkali menjadi pemicu perdebatan di antara fans grupband satu dengan fans grupband lainnya. Beberapa netizen seringkali mengkritik grupband lain dengan ucapan yang bernada negatif, sehingga dapat dikatakan mereka adalah antifans dari grupband tersebut.

Di dunia maya di Indonesia sendiri, perdebatan antara fans dan antifans grup penyanyi asal Korea Selatan ini mulai terjadi semenjak musik Korean Pop (KPop) dikenal di Indonesia. Saya tertarik mengkaji fenomena ini karena saya menyukai Kpop dan selalu merasa penasaran dengan adanya perdebatan yang terjadi. Ketika ada berita yang menyangkut salah satu grupband di internet para fans maupun antifans akan menanggapi berita tersebut dengan sudut pandang yang berbeda. Dalam hal ini, saya akan mengambil contoh girlband yang paling sering memicu perdebatan, yaitu girlband SNSD. Para fans SNSD biasanya akan selalu memuji-muji idola mereka, sedangkan para antifans akan menjelek-jelekkan SNSD. Seringkali komentar-komentar yang diberikan oleh antifans SNSD terlalu berlebihan dan menyinggung fans tersebut. Fans SNSD tersebut akan membalas dengan komentar yang tidak kalah menyinggung. Namun, komentar tersebut biasanya ditujukan untuk menghina antifans SNSD, baik dengan hinaan kondisi fisik antifans dan membandingkannya dengan idolanya. Perdebatan ini selalu terjadi setiap kali ada berita tentang SNSD.

Dalam menyikapi fenomena tersebut, solusi yang dapat saya kemukakan adalah perlunya kesadaran masing-masing, baik dari fans maupun antifans untuk mengemukakan pendapat pribadi dengan cara yang tepat. Setiap manusia berhak mengemukakan pendapatnya masing-masing, tetapi cara untuk mengemukakan pendapat tersebut harus tepat. Seharusnya pendapat tidak disampaikan dengan nada yang kasar, apalagi penyampaian pendapat tersebut dilakukan di tempat umum, meskipun cara penyampaiannya hanya dilakukan di internet.

Liat lagi jawaban gw di atas, hmm…nampaknya dulu gw belum mencapai fokus dan menjelaskan lebih rinci ttg jawaban gw pdhl klu niat sih topik di atas cukup menarik dan bisa dikembangkan lagi. Mungkin gw ga cuma fokus di SNSD tapi gw bisa menjelaskan betapa istimewanya dbsk *loh gak nyambung? Tapi berhubung waktu itu gw ngejar deadline dan mengarang indah demi makul pilihan luar, gw ga pake fakta pendukung dan jadilah hasilnya sprti di atas…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Mei 2011 in tugas

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

 
