JYJ 2011 World Tour Concert di San Jose



Setelah memukau fans dengan penampilan mereka di Vancouver, Newark, dan Los Angeles sejauh ini, JYJ Jaejoong, Yoochun, dan Junsu mengakhiri tur pada 3 Juni, menampilkan konser terakhir mereka di San Jose State University Event Center Arena di San Jose, California.

Konser seharusnya dijadwalkan untuk dimulai pada jam 8 malam tapi kehadiran JYJ di venue telah terlihat jauh sebelum pintu arena dibuka. Dengan banner fansclub membentang melewati kampus dan suporter membagikan poster gratis, red glowstick headbands, dan light-up finger lights sebelum pertunjukan, setiap orang yang lewat pasti menyadari bahwa suatu acara besar akan terjadi malam itu.

Ketika penonton mulai memasuki arena konser, huruf JYJ yang melewati layar besar terlihat dari setiap sudut panggung. Taburan cahaya di dinding yang berkilauan dengan gradien warna dan dua sangkar kaca ditempatkan di kedua sisi platform. Meskipun panggung masih sepi dari performer, tapi pengaturan panggung menjanjikan perform yang dinamis untuk malamnya.

Video latihan dimainkan pada layar selama menunggu, menampilkan backup dancer yang melakukan koreografi untuk “Be My Girl”. Karena video menampilkan subtitle, penonton memperoleh kesempatan untuk belajar setiap gerakan dance dengan baik.

Tiba2 video berakhir, cahaya dalam arena dimatikan dan ruangan menjadi terkesan dihiasi bintang merah kecil. Fans mulai berteriak dan bersemangat seiring hentakan familiar dari lagu “Empty” memenuhi udara. JYJ muncul ke atas panggung dengan dukungan backup dancer pria dan wanita yang menggunakan pakaian hitam mengkilap. Siapapun yang mengatur dekorasi benar2 mempersiapkan konser ini, menciptakan suasana club di arena dan membuat penonton merasakan kemeriahan konser.

Ketika lagu pertama hampir habis, JYJ berdiri sendiri di panggung extended, membuat fans dapat melihat dengan puas idol mereka dan mengagumi pakaian panggung mereka-Jaejoong menggunakan setelan merah dengan bros bunga, Junsu menggunakan setelan abu2 dengan aksesoris bulu di belakangnya, dan Yoochun bercahaya dari atas sampai bawah dengan menggunakan setelan biru.

Beberapa detik berlalu dan 3 pria tampan itu langsung menuju lagu mereka selanjutnya “Ideal Scenario (I.D.S)”, lagu upbeat dance lainnya. Kali ini, dancer pria menggunakan baju hitam, dengan outfit ninja melakukan koreografi di belakang mereka. Energi di dalam stadium bergetar, fans dipenuhi semangat dan ketika itu beberapa not piano mulai bergema memenuhi udara ketika lagu balad “Nine” dimulai.

“Wassup San Jose!”, Yoochun menyapa penonton yang ditimpali dengan ledakan reaksi kesenangan. “Welcome to the JYJ World Tour in San Jose, so glad to see you guys!” Junsu  menyetujuinya dan berkata “Let’s have a good time together, thank you!“, dan Jaejoong meneruskan dengan senyuman, “I hope you enjoy the show, kamsahamnida!”

Untuk memulai lagu selanjutnya, JYJ serentak berkata, “Get ready to SCREAM!” Setelah itu, cahaya putih membanjiri arena dan “Pierrot” bergema memenuhi speakers. Ketiga member muncul di platform atas dari panggung dengan dancer wanita di panggung utama. Meskipun lagu ini termasuk lagu upbeat, vocal JYJ yang semakin meningkat dan bayangan dancer memberikan kesan perform ini dipenuhi emosi mendalam.

Untuk track kelima, “Be My Girl”, mikropon diatur dan setiap member kembali ke panggung satu persatu, mengalun mengikuti lagu. Lagu santai ini diiringi video dramatis behind the scene pemotretan album “The Beginning”, lengkap dengan slow motion gerakan salju turun dan air terjun.

Selama istirahat, JYJ bertukar dengan outfit kedua mereka (pakaian kulit hitam dan aksesoris perak) dan kembali dengan “Be The One”, perform dengan karakter heavy bass beat memenuhi lantai stadium dan cahaya kuning menyilaukan yang berubah secara dramatis menjadi biru ketika JYJ menyanyi. Semua dancer membentuk lingkaran dan meletakkan lengan mereka satu sama lain ketika lagu “Ayy Girl” kemudian bergetar membentuk gelombang di udara. “Club JYJ” kembali dengan kekuatan penuh-dancer wanita yang menggunakan outfit fishnet dan dancer pria yang menggunakan outfit yg terinspirasi outfit Michael Jackson kembali ke panggung untuk meningkatkan atmosfer sekali lagi.

Stadium kemudian kembali gelap dan suara ledakan dan dial telepon memenuhi udara seiring mood yang kembali berubah sekali lagi. Yoochun muncul untuk perform “I Love You” dikelilingi 6 dancer wanita bertopeng (biar ga keliatan muka2 yg grepe2 yoochun ==’). Suara teriakan naik turun setiap Yoochun didekati dancer wanita, mencapai titik puncaknya ketika bibir Yoochun mendekati dancer sebelum akhirnya menjauh untuk menyanyikan nada falsetto dengan ringan (gw: pingsan ==’).

Tiba2 cahaya hijau menyinari stadium, beat drum bergetar melalui dinding dan cymbal berdentum di udara. Puncaknya, terompet berbunyi melalui speaker, sirene merah ‘membutakan’ penonton dan aku tidak tahu ini merupakan bagian dari pertunjukan, aku panik dan mengira kebahagiaan telah sirna. Tetapi, dancer berpakaian ninja kembali ke atas panggung dan suara biola dramatis bergabung dengan beat drum seiring JYJ kembali ke panggung dengan heavily-studded leather trenchcoats (gw ga tau b.indo-nya apa, jas hujan kulit berat? errrr…) untuk lagu “Mission”.

note: wah….keren efek permulaan lagu ini!!!! >,<

Perform ini seperti sesuatu yang keluar dari film prajurit-Jaejoong, Junsu, dan Yoochun terlihat maskulin dan ketika kamu berpikir ini tidak akan lebih badass dari ini, Yoochun tiba2 maju dan ngerap dalam bahasa Inggris. “Mission” merupakan track thriller yang membuat pendengarnya ingin melonjak dari kursi mereka dan ini diakhiri dengan ‘ledakan’ sempurna. Fans berteriak ketika uap secara dramatis menyiram pada panggung depan ketika not akhir.

Dengan lagu sekuat “Mission” yang diperdengarkan setelah track2 seperti “Be The One” dan “Ayyy Girl”, penonton perlu menarik napas sebelum diberikan lebih banyak perform seksi JYJ dan tim backup dancernya o_0. Junsu kemudian perform lagu balad dan setelah slideshow foto menenangkan mood sekali lagi, kilau biru berkedip di layar belakang dan kabut putih memenuhi panggung seiring JYJ perform “I Can Soar”, sekarang dengan rompi dan celana hitam.

Jaejoong kemudian perform “Still in Love”, lagu balad lain yang dipenuhi emosi. Lagu balad ini sendiri sangat indah, dan fans lebih tertarik (atau lebih tepatnya tersakiti hati…LOL) dengan Jaejoong flirting kepada backup dancer dibelakangnya yang terlihat seksi menggunakan atasan putih dan celana pendek hitam. Pada satu waktu, Jaejoong bahkan memberikan seorang dancer jaket hitamnya, menyebabkan teriakan dari fans (haduuuh anak2 JYJ ini seneng banget mempermainkan emosi fansnya…).

Setelah dance break yang energik yang memperlihatkan perform solo dari setiap backup dancer, JYJ kembal muncul dengan outfit hitam dan metalik untuk perform “Found You” dari Ost. “Sungkyunkwan Scandal”. Ini adalah salah satu dari banyaknya kenangan dari perform malam itu, fans bersama menyanyikan bagian chorus “saranghae” dari lagu itu.

“Thank you so much for being with us today,” ucap Yoochun ketika lagu berakhir. Dia mempersilakan Jaejoong untuk menyampaikan pesannya. Jaejoong berseru, “Hey guys!…uh…”, dan bimbang sambil membetulkan letak earpiecenya, menyeringai ketika tiap orang tertawa. “I’m sorry!”, dia berseru, kemudian melanjutkan dalam bahasa Korea untuk mengungkapkan betapa dia berterima kasih dan senang dia ada di sana.

JYJ kemudian perform “Fallen Leaves”, lagu balad yang menyentuh. Mendengar lagu ini secara langsung benar2 terasa menyentuh-dengan ketiadaan instumen berlebih, pendengar dapat merasakan dengan lebih dekat setiap suara, tekstur, dan luapan emosi memenuhi stadium. Seperti Rowdyruff yang menyebutkan reviewnya tentang “Their Rooms”, “Fallen Leaves” menonjol karena cara setiap member JYJ memimpin melodi. Cara suara JYJ memuncak pada perform ini membuktikan bahwa bakat suara murni merekalah yang membawa Jaejoong, Junsu dan Yoochun ke tingkat kepopuleran “dewa” di Asia pada masa lalu.

Ketiga member melanjutkan dengan “Boy’s Letter”, lagu balad lain yang harmonisasinya benar2 sempurna. Lagu ini mengandung beberapa bagian dimana instrument akan menghilang, membuat suara trio ini benar2 berbicara untuk mereka. Selain itu, “Boy’s Letter” dipenuhi falsetto dan klimaks overlap yang membuat setiap orang menahan napas.

Keheningan penonton kembali hilang sekali lagi ketika beat techno mulai terdengar melalui sound system dengan remix “Be The One”. Jaejoong berulangkali berteriak “Jump!!” dan “Stand Up!!” dan member lainnya juga melintasi panggung untuk membangkitkan semangat penonton. Backup dancer kembali, sekarang menggunakan glowstick headband merah dan finger light yang diberikan sebelumnya.

Pada akhir lagu, seorang dancer pria maju dengan mic, kue, dan senyum lebar, kemudian dia mengumumkan bahwa mereka mempunyai kejutan untuk ultah pria yg sangat spesial. “Yoochun!”, dia berseru, menghadap Yoochun dan memberikan dia beberapa tas berdekorasi. “We wanted to present these gifts from your fans!” Setelah berangkulan dan memberikan pesan menyentuh kepada penonton, Yoochun tidak dapat menyembunyikan seringai di wajahnya ketika JYJ perform “You’re” untuk lagu selanjutnya. Lagu ini dilengkapi taburan confetti perak dari atas penonton.

Ketika kru menghilang dari panggung, terlihat jelas bahwa penonton belum siap untuk berakhirnya pertunjukkan. Fans memulai chanting untuk encore selama lima menit penuh, keinginan itu semakin kuat seiring berjalannya waktu ketika setiap orang dari stadium ikut bergabung melakukan chanting. Mereka bersorak ketika layar bergetar dan hantaman melalui speaker, kemudian JYJ kembali ke panggung dengan jaket kulit, kaos “JYJ” putih, dan celana putih untuk perform “Get Out”. Remix “Empty” mengiringi dengan koreografi baru dengan gerakan chest pump, dance break dimana Junsu melakukan pop dance, hopped back up, kemudian mencapai not tinggi tanpa kehilangan beat.

Untuk track encore terakhir, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu berdiri masing2 dalam spotlight putih dan bernyanyi “In Heaven”, lagu slow lainnya yang meningkat dan semakin meningkat sampai setiap falseto dari masing2 member bergema di dinding stadium-akhir klimaks yang cocok untuk konser yang penuh energi.

Kekuatan JYJ diantaranya adalah ketampanan dan pesona mereka, tetapi di atas semua itu yang terpenting adalah talent vokal tak tertandingi yang membuat mereka terus dicintai oleh banyaknya fans setia selama bertahun2. Dengan konser ini memberikan kesimpulan terhadap Amerika Utara bahwa wajar kalau Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memenangkan tiap performnya (maksudnya worthed kali ya mreka perform di Amerika Utara, ga nyesel gitu bawa mreka bwt perform di sana…).

Tur ini merupakan peningkatan besar dari tur showcase mereka pada November lalu, dan trio ini terus melanjutkan untuk menantang diri mreka sndiri di setiap shownya, kami menunggu dengan kegairahan besar apa yang akan mereka bawa di masa depan!!!!

 Photography by: Boris Berenberg & Kevin Chang

 
Credit: Allkpop
Shared by: JYJ3
Transindo: sashalicia
 

oh god, oh god…baca ulasan ini gw makin iri ama mreka yg bisa dtg di World Tour Concert JYJ…i wish i was there 😦

dgn ini nonton JYJ concert masuk dalam list must do-before-die-nya gw nih, setelah april kmaren nyaris banget gw bisa ngeliat mreka dan trnyata gagal diadain di Jakarta, mdh2an ada kesempatan lain untuk bisa melihat konser mreka di negeri tercinta =)

and still…always love and wait for their next great music ^^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s