Kim Jaejoong Makes a Safe Landing, Will JYJ Use Dramas For Their Survival?

‘Protect the Boss’ telah menunjukkan potensinya dan mendapatkan lampu hijau atas popularitasnya. Tidak hanya ini, tetapi Kim Jaejonng mendapatkan penilaian yang besar untuk aktingnya yang stabil dalam drama. Berbeda dari idol lain yang dipilih sebagai pemeran utama dari drama dengan talenta mereka yang serba kekurangan dalam hal akting, Kim Jaejoong muncul dalam dramanya sebagai peran pembantu dengan waktu kemunculan yang rendah tetapi dengan dedikasinya yang tinggi terhadap karakter yang diperankannya, membuatnya memperoleh pujian yang besar.


Dalam JYJ sendiri, Park Yoochun telah memperoleh pujian untuk aktingnya sebagai peran utama dalam drama. Tidak hanya ini, tetapi member lain Kim Junsu juga telah mengukuhkan eksistensinya sebagai aktor yang populer dan berbakat dalam industri musikal, yang juga membutuhkan akting yang bagus.

Sebagaimana mereka popular ketika bersama TVXQ, aktivitas mereka sebagian besar berfokus pada musik. Bahkan ketika mereka memulai grup JYJ, mereka menunjukkan ketertarikan mereka yang tinggi untuk tetap melanjutkan karir menyanyi mereka. Ini dapat dilihat ketika mereka bekerja dengan musisi yang telah dikenal secara global di dunia yaitu Kanye West dalam album pertama mereka ‘The Beginning’. Meskipun begitu, aktivitas musik mereka tidak dapat berkembang terlalu jauh. Meskipun penjualan album mereka besar dan fans bahagia dengan penjualan tersebut, anehnya mereka jarang sekali muncul di TV.

Aktivitas promosi mereka terus saja dilarang. Untuk hal ini, fans telah menanyakan mengapa JYJ bisa tampil dalam drama tetapi tidak dapat tampil di acara variety. Ini hanya masalah waktu sampai fans mulai berpikir bahwa kemunculan JYJ di TV telah mengalami berbagai pembatalan, jauh lebih banyak dibandingkan selebriti lainnya.

Di samping absennya mereka dalam acara variety, JYJ tidak bisa mengambil bagian dalam aktivitas promosi di TV dan karenanya mereka memfokuskan diri dalam bidang lain seperti konser dan musikal. Baik Park Yoochun maupun Kim Jaejoong telah sukses berada dalam industri drama, sepertinya mereka telah menemukan jalan lain untuk kemunculan mereka di TV.

Aktivitas mereka tidak dibatasi dalam industri drama. Untuk perusahaan produksi, JYJ diterima dengan tangan terbuka sepanjang waktu, dengan kemunculan mereka secara grup yang sulit menimbulkan berbagai isu berlebih, sehingga menimbulkan perhatian terhadap drama mereka dan mengukuhkan rating pemirsa yang bagus. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tiga perusahaan penyiaran besar biasanya menggunakan drama sebagai kebanggaan mereka dan saling bersaing untuk mendapatkan hati pemirsa, karenanya mereka akan memilih bintang dengan pengaruh yang tinggi untuk drama mereka. Hal inilah yang menyebabkan mengapa beberapa idol, yang talenta aktingnya belum dites, telah dipilih sebagai pemeran utama.

Dengan mempertimbangkan fakta ini, tentunya Kim Jaejoong dan Park Yoochun akan menerima berbagai panggilan cinta di masa depan karena bakat akting mereka telah dites dan diakui.

Selain itu, kemunculan mereka membuat penjualan luar negeri menjadi lebih mudah. Mempertimbangkan fakta bahwa drama Korea telah membantu babak kedua dari Hallyu Wave, kekuatan drama Korea belumlah surut. Tetapi benar bahwa drama Korea semakin sulit terjual ke luar negeri akhir-akhir ini. Meskipun begitu, ketika JYJ muncul dalam drama, hal ini menjadi cerita yang benar-benar berbeda.


Meskipun orang-orang mengatakan bahwa sekarang ekspansi Hallyu Wave menjalar melalui musik dari para idol, sistem dimana publik tertarik dari drama kemudian menjadi fandom yang kuat melalui aktivitas musik, dimana contoh paling kuat adalah ‘Rain’, masih terlihat dan kuat. Mempertimbangkan fakta ini, sebagaimana JYJ telah mempunyai banyak fans internasional karena aktivitas mereka sebagai penyanyi, drama JYJ akan terjual lebih mudah di luar negeri dan ini akan membantu aktivitas musik JYJ dalam hal positif. Mereka membuat diri mereka sendiri mengalami siklus yang menguntungkan.

Selain itu, ketika mereka muncul dalam drama, mereka juga menyanyikan OST drama tersebut dan mereka menunjukkan kekuatan mereka dalam ‘membunuh’ chart musik setiap kemunculan lagu tersebut. Membuat ‘all-kill’ dalam chart dengan lagu OST mereka, drama mereka sekali lagi diletakkan dalam pusat perhatian dan dicintai, menghasilkan penjualan yang tinggi untuk album OST. Ini menunjukkan bahwa mereka telah membantu menaikkan keuntungan tambahan untuk drama mereka.

Seperti telah kita ketahui, perusahaan produksi memperoleh keuntungan besar dengan memilih member JYJ dalam drama mereka dan jika tidak ada alasan yang sesungguhnya untuk melarang aktivitas JYJ, maka akan ada kemungkinan besar bahwa JYJ akan terus dipilih dalam drama, meskipun mereka tidak bisa muncul dalam program variety untuk mempromosikan mereka.

Tidak peduli seberapa banyak aktivitas JYJ yang telah dilakukan untuk menyeimbangkan sulitnya mereka tampil dalam acara penyiaran, selebriti tetap membutuhkan beberapa bentuk promosi di TV. Dengan membuat jalan lain dengan cara membuat kemunculan dalam program penyiaran melalui drama, mereka telah memperoleh pengalaman dan keuntungan dari aktivitas tersebut, dan dengan dua member sekarang aktif menjalankan karir mereka dalam industri drama, sinergi diperkirakan akan terus berkembang.

Pengukuhan yang aman dari Kim Jaejoong dalam industri drama telah membuka jalan lain untuk aktivitas mereka yang terlihat cukup stagnan di mata publik. Dan karena ini, ketika JYJ merilis album dan memulai aktivitas promosi mereka, sambutan dari publik akan cukup eksplosif (nb: again, kata ini dipakai untuk menunjukkan seberapa besar kekuatan mereka, as it is like a bomb yeah…hohoho). Jika mereka tidak bisa muncul di TV kemudian, kontroversi yang berkembang akan semakin meningkat.

Dengan beragamnya aktivitas mereka, JYJ dan taktik survive mereka akan menciptakan kesuksesan sebagaimana mereka mencoba mencari berbagai jalan untuk bertemu dengan publik.

Source: [mediaus]
Translated & Shared by: dongbangdata.net
Trans Indo: sashalicia

nb: gw menikmati nerjemahin artikel ini…setelah ini, ini, dan ini, it’s another great article to proof a great power of JYJ, eh?  ^.^
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s