RSS

Unhappy = Ungrateful?

26 Nov



sblm membaca artikel d bawah, perlu gw ingatkan klu ini adalah murni pendapat penulis di seoulbeats, jadi terserah kalian mau menyikapi artikel ini sperti apa… ^^

Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi dimana entertainer Korea favorit kita bekerja, menjadi isu yang mulai diangkat ke permukaan. Selama ini, kita tidak mengetahui apa yang terjadi di balik layar ataupun selama latihan, yang kita lihat hanyalah produk akhir yang mereka persembahkan untuk kita. Sampai kita melihat kasus Han Ye Seul yang sedikitnya menarik perhatian kita. Kondisi kerja yang dipertanyakan telah menjadi isu berkepanjangan, khususnya dalam dunia Kpop. Biasanya, grup ataupun penyanyi solo keluar dari perusahaan atau mengalami pembubaran disebabkan isu kondisi kerja.

Mari kita ambil contoh DBSK. Apakah karena uang? Mungkin iya… ada spekulasi mengenai member JYJ dan investasi mereka dalam industri kosmetik, tetapi pertanyaan pentingnya adalah mengapa mereka tidak dapat menginvestasikan uang mereka di tempat yang mereka inginkan? Hmmm, yah SM Entertainment kan perusahaan yang memiliki mereka karenanya mereka hanya dapat mengeluarkan uang untuk apa yang “SM setujui”. Ini membawa kita pada isu bahwa kondisi bekerja mereka ditentukan oleh perusahaan tempat mereka bernaung.

Tetapi apakah ekspresi ketidakbahagiaan mereka berarti mereka tidak berterima kasih untuk apa yang telah dilakukan perusahaan terhadap mereka? Jawabannya tentu saja tidak. Bahkan dengan KARA dan kasus mereka beberapa bulan lalu, isu utama disini adalah member tidak bahagia dengan kondisi bekerja mereka. Kedua grup dipaksa untuk memenuhi jadwal dimana mereka tidak bisa melakukan apa-apa untuk menolaknya. Tentu saja mereka menerima uang dari hasil kerja mereka, perusahaan pun menerima uang, dan sebagainya tetapi dipaksa melakukan hal yang tidak ingin kamu lakukan hanya akan membuatmu tersiksa, hal ini juga berlaku bagi selebritis. Haruskah mereka tetap melakukan hal yang membuat mereka terus merasa tersiksa hanya karena mereka selebritis? Tidak, tentu saja tidak. Di luar keglamoran mereka, selebritis juga tetaplah manusia.

Pada akhirnya, artis Kpop seharusnya lebih terbuka untuk mendiskusikan kondisi kerja mereka dengan perusahaan tanpa adanya ketakutan terjadinya pembubaran grup, kasus hukum, kemarahan fandom, ataupun politik dalam industri hiburan. Banyak komentar tentang kasus Han Ye Seul yang menganggap dia adalah artis yang tidak tahu berterima kasih. Dia tidak bahagia dengan kondisi kerjanya tetapi tidak ada seorangpun yang peduli. Apakah kepergiannya yang dramatis ke LA di tengah-tengah syuting merupakan cara terbaik yang dia lakukan? Mungkin saja tidak. Jadi mengapa dia tidak langsung mengadakan konferensi pers saja dan mengatakan unek-uneknya disana? Dia bahkan cukup mempertaruhkan karirnya karena sampai meninggalkan Korea kan? Tapi hal ini justru menunjukkan betapa putus asanya dia dengan kondisi kerja yang dia hadapi. Hanya karena kamu ingin mendapatkan kondisi yang terbaik untuk melakukan pekerjaanmu, tidak berarti hal ini menyebabkan dirimu menjadi seseorang yang tidak tahu terima kasih.

Selama orang yang bertanggung jawab dalam perusahaan manajemen hiburan adalah pebisnis murni, maka hal ini akan terus terjadi. Tentu saja, akan sangat membantu jika bosmu pernah menjadi artis dulunya — kamu tidak pernah melihat artis yang meninggalkan YG Entertainment. Meskipun demikian, marilah kita tidak mengkritik selebritis yang melawan perusahaan mereka dan memanggil mereka dengan sebutan orang yang tidak tahu terima kasih. Mereka hanya merasa tidak puas dengan kondisi kerja mereka dan ingin perbaikan ke arah yang lebih baik. Sama seperti orang biasa.

source: seoulbeats
trans: sashalicia

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 November 2011 in opinion

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: